Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya Hard Disk

1. Pengertian

        Pengertian Hardisk adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data pada komputer. Semua data yang ada dalam komputer baik itu dokumen, gambar, data sistem, OS, aplikasi akan tersimpan dalam perangkat ini.
        Hard Disk Drive (HDD) atau biasa kita sebut hardisk menyediakan ruang khusus untuk menyimpan dan membaca data. Perangkat ini bersifat non-volatile memory yang berarti data yang kita simpan tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.
        Ini berbeda dengan Penyimpanan Ram dalam komputer, dimana semua data yang tersimpan sementara pada Ram akan hilang ketika komputer dalam kondisi off.
        Hardisk pertama kali dikomersilkan pada tahun 1956 oleh Perusahaan IBM dan langsung diterima masyarakat. Alhasil, hardisk menjadi sebuah media standar penyimpanan pada komputer. Hingga saat ini, orang-orang menggunakannya di server maupun PC.

2.Fungsi

        Peran atau fungsi HD amat banyak pada sebuah komputer. Berikut beberapa fungsi pokok dari perangkat keras tersebut;

• Menyimpan File Dalam Bermacam Format
• Sebagai Space Menyimpan Data
• Menyimpan Data Bagi Aplikasi dan Software
• Sarana Back-up
• Menyimpan Data dari Operasi Sistem

3. Jenis – jenisnya

Informasi berikutnya berkaitan dengan jenis-jenis HD yang dapat Anda temukan di luar sana

a.HD Konvensional

        Tipe paling umum adalah hardisk konvensional. Anda dapat menemukannya di pasaran dengan bermacam ukuran. Ada sebuah piringan cakram yang berfungsi untuk menyimpan data di dalamnya.
        Kelemahan paling signifikan adalah daya tahan atau durabilitas. Ini disebabkan karena komponen utama akan berputar ketika menyalin dan membaca sebuah data.
Kabar baiknya, Anda dapat mengurangi kerentanan kerusakan tersebut dengan suatu tip. Gunakanlah secara wajar!
        Dari segi kelebihan, HD konvensional cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan tipe lain. Selain itu, Anda dapat memperolehnya secara mudah di pasaran.
Produk ini juga datang dengan merek dan kapasitas yang beragam. Artinya, Anda bisa membeli sesuai dengan kebutuhan.


b.Solid State Drive (SSD)

        Jenis hardisk kedua yang populer digunakan oleh masyarakat luas adalah SSD atau solid state drive. Dari segi konstruksi atau komponen, tipe ini tidak menggunakan piringan atau cakram untuk kinerjanya.
        Lalu, teknologi apa yang digunakan? Pada HD SSD, ada sebuah chip yang berfungsi sebagai space penyimpanan. Dari segi fungsi, sistem penyimpanan tersebut mirip dengan yang dimiliki USB flash drive.
        Dari sisi popularitas, SSD dianggap lebih diminati oleh konsumen. Ada banyak alasan kenapa tipe ini menjadi amat populer di pasaran. Salah satu keunggulannya adalah tidak adanya putaran cakram.
        Alhasil, kinerja tidak bising dan mengganggu pengguna. Selain itu, performa dalam menyalin dan membaca data lebih stabil dibandingkan tipe lain.
Dari segi kecepatan membaca, kinerja HD SSD lebih juga lebih cepat. Ini menjadi alasan kenapa proses booting dan startup dapat berjalan mulus dan cepat.
        Lalu apa lagi keunggulan hardisk jenis ini? Banyak orang memilihnya karena faktor durabilitas. HD ini lebih tahan lama dan mampu menahan getaran atau gangguan lainnya.


Posting Komentar untuk "Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya Hard Disk"