Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya VGA

1. Pengertian

        VGA (Video Graphics Array) adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987 (Wikipedia).
Pengertian lain dari vga card adalah sebuah kartu grafis yang fungsinya mengolah data grafis untuk ditampilkan pada layar monitor komputer.

        VGA merupakan standar dalam grafis yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Seperti tampilan windows yang sampai sekarang masih menggunakan modus VGA yang karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

        VGA card juga biasa dinamakan dengan video card, video adapter, display card, graphics card, graphics adapter atau display adapter.

2. Fungsi

        Vga card berfungi untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Misalnya untuk desain grafis atau bermain video game diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Selain itu vga card juga mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Kartu vga card juga berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis di layar monitor. Tempat letaknya kartu grafis pada komputer dinamakan dengan slot expansi. Chipset pada kartu VGA banyak macamnya karena setiap pabrik pembuat kartu VGA mempunyai chipset andalan masing-masing. Banyak produsen chipset vga seperti NVidia, ATI, Sis, STB, OTi, Number Nine (#9), Trident dan lain-lain.


 

3. Jenis – jenisnya

Vga card mempunyai beberapa jenis yang bisa dijelaskan sebagai berikut:

• VGA ISA adalah jenis kartu vga yang dipasang pada slot ekspansi ISA (Industry Standart Architecture) bus yang bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit.
• VGA EISA adalah jenis kartu Vga yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Estended Industry Standart Architecture) bus yang sistem I/O nya 32-bit.
• VGA PCI adalah jenis kartu Vga yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang sistem I/Onya adalah 32-bit atau 64-bit.
• VGA AGP adalah jenis kartu Vga yang dipasang pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang sistem I/O nya adalah 128-bit atau 256-bit.
• VGA PCIe adalah jenis kartu Vga yang dipasang pada slot PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang sistem I/O nya adalah berangkaian seri. Dengan kecepatan transfer hingga 32GB/s.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya VGA"