Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Memori Modules

1. Pengertian 

        Dalam komputasi , modul memori atau stik RAM (random-access memory) adalah papan sirkuit tercetak tempat sirkuit terintegrasimemori dipasang. Modul memori memungkinkan pemasangan dan penggantian yang mudah dalam sistem elektronik, terutama komputer seperti komputer pribadi , workstation , dan server. Modul memori pertama adalah desain berpemilik yang dikhususkan untuk model komputer dari produsen tertentu. Kemudian, modul memori distandarisasi oleh organisasi seperti JEDEC dan dapat digunakan dalam sistem apa pun yang dirancang untuk menggunakannya.

        Karakteristik yang membedakan modul memori komputer termasuk tegangan, kapasitas, kecepatan (yaitu, bit rate ), dan faktor bentuk . Untuk alasan ekonomi, memori (utama) besar yang ditemukan di komputer pribadi, workstation, dan konsol game non-genggam (seperti PlayStation dan Xbox) biasanya terdiri dari RAM dinamis.

2. Fungsi

        Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan ata/informasi sementara atau tidak permanen. Setelah komputer mati/restart seluruh data dalam RAM akan hilang. karena penyimpanan pada Memory (RAM) hanya berlangsung ketika komputer dalam keadaan On. Tidak seperti Hard Disk yang menyimpan data secara permanen.


3. Jenis – jenisnya

a. DIP (Dual In-Line Package)

        adalah paket persegi panjang dengan deretan pin di sepanjang dua tepinya yang lebih panjang. Ini adalah kotak hitam kecil yang Anda lihat di SIMM, DIMM, atau model kemasan lain yang lebih besar. DIP telah menjadi standar untuk sirkuit terintegrasi pengemasan sejak penemuan PC, dan faktanya prosesor paling awal juga dikemas sebagai DIP (besar).

b. DIMM (Dual In-Line Memory Module)

        adalah jenis yang paling umum digunakan sekarang. Berupa circuit-board kecil berisi chip memori RAM. DIMM merupakan memory standar di komputer desktop saat ini.

c. SIMM (Single In-Line Memory Module)

        adalah jenis modul memori yang berisi chip RAM yang digunakan komputer awal 1980-an ke 1990-an. Ini berbeda dari DIMM. Modul SIMM harus dipasang secara berpasangan di dalam slot pada motherboard. Sekarang sudah tidak dipergunakan lagi.

d. RIMM (Rambus In-Line Memory Modul)

        modul ini menggunakan chip RAM buatan Rambus.Inc, digunakan pada saat awal Pentium4 (1999), modulnya disebut Memori Chace.

e. SODIMM

        yang memiliki jumlah pin 72 dan 100 paket pin mampu mendukung transfer 32-bit data, sementara pada Memori Laptop SODIMM jumlah pin 144, 200 dan 204 mendukung transfer 64-bit data. Hal ini tentu sangat sebanding dengan RAM jenis DIMM biasa yang hanya memiliki jumlah pin 168, 184, atau 240 pin, dimana semuanya digunakan pada transfer 64-bit data. Namun pada RAM SODIMM dengan jumlah pin 200 dan 204, memiliki performa yang hampir sama dengan performa dan rating tegangan pada jenis RAM DIMM.


Posting Komentar untuk "Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Memori Modules"