Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konfigurasi Wireless Mikrotik sebagai AP - Bridge

            Oke semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan kembali posting mengenai Mikrotik. Dan kali ini adalah cara konfigurasi Wireless mikrotik sebagai AP - Bridge. Dan ini dia topologinya


        Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.
        Dan yang harus kita lakukan agar konfigurasi berhasil, kita harus pastikan kabel nya sudah saling terhubung okay.

Cara konfigurasi :

1.     IP > Addresses

      Dibagian "Address list" kita tambahkan ip untuk setiap "interface" yang kita sambungkan ke mikrotik yang kita miliki. ip untuk "ether 3" adalah ip yang digunakan untuk komputer yang akan meremote mikrotiknya. "ether 2" digunakan untuk ip yang tersambung ke internet. sedangkan "wlan 1" digunakan untuk ip yang akan diberikan untuk wireless.

2.     Konfigurasi "Gateway"

Terlebih dahulu kita buka "IP" > "Route" maka akan muncul seperti tampilan diatas yang bagian kiri. Dibagian "routes" kita tambahkan "gateway", isi gateway dengan gateway yang digunakan untuk terhubung ke internet. lalu tekan "apply dan ok".

3.     Konfigurasi DNS

Buka menu "IP" > " DNS" . maka akan muncul seperti tampilan yang ada diatas. kita isikan server dengan "8.8.8.8" dan juga "172.16.2.1". selanjutnya tekan "Apply dan ok".

4.     Konfigurasi NAT

Selanjutnya buka "IP" > "firewall" dan pilih menu "NAT" lalu tekan "+". dan akan muncul tampilan seperti diatas. dibagian "General" pada kolom "out interface" kita isi dengan "all ethernet".
Dan dibagian "Action " isi dengan "masquerade" lalu tekan "apply dan OK".

5.     Konfigurasi Menu Wireless

Kita buka terlebih dahulu meu "Wireless" lalu dibagian "Security Profiles" kita tekan "+".
Kita beri nama terserah maunya kalian saja, dan dibagian "WPA Pre-Shared key" kita isikan password yang akan digunakan untuk login wifi. jika sudah tekan "apply" dan "ok".  

            Selanjutnya kita pindah ke bagian "interface". jika "wlan1" belum aktif, kita bisa mengaktifkannya dengan cara tekan "wlan1" dan tekan "contreng/ceklis". jika sudah tekan 2 kali "Wlan1", dibagian menu "wireless" di kolom "mode" ganti dengan "AP bridge", "band" ganti dengan "2GHz-B/G", SSID isi dengan SSID yang akan digunakan. dan dibagian "security Profile" ganti dengan securitu profile yang sebelumnya kita buat. tekan "apply dan OK".

Tambahan Konfigurasi DHCP

Mengapa kita kali ini perlu konfigurasi "DHCP". agar client yang mau terhubung ke Wifi kita, kita buka "Bridge" lalu tekan "+" dan di menu "general" kita isi "Type" dengan "bridge" selanjutnya kita tekan "apply dan ok".

Dibagian "Bridge" pada kolom "ports", tambahkan interface untuk setiap port yang kita gunakan. Yaitu "ether2", "ether3" dan "wlan1".

6.     Test Internet di Terminal Mikrotik

Dan kita lihat disini sudah berhasil ping "google". maka mikrotik sudah terkoneksi ke internet

7.     Verifikasi Client

Kita buka "wifi" pada komputer kita dan kita lihat disini sudah ada wifi dengan SSID "christopher" sesuai dengan yang sudah kita buat tadi.

isi dengan password yang kita buat di "Security Profiles".


sumber    :    https://christhomas92.blogspot.com/2017/01/konfigurasi-wireless-mikrotik-sebagai.html

Posting Komentar untuk "Konfigurasi Wireless Mikrotik sebagai AP - Bridge "